Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer
ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan
sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras
untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional,
kinerja, Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya dengan
bagian perangkat keras, firmware, assembler, kernel, sistem operasi, dan
perangkat lunak aplikasinya.
Fungsi Pengolahan Data (Data processing):
Komputer sebagai alat untuk mengolah data yaitu untuk mengolah data yang telah
kita buat dan akan dip roses di CPU. Jika kita ingin membuka kembali program
yang kita buat computer akan mengolah dan membuka program yang telah kita buat.
Contoh: updating bank statement:
Fungsi penyimpanan data (Data storage):
Komputer sebagai alat untuk penimpanan data yaitu untuk menyimpan data yang
telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Contoh:
download dari internet.
Fungsi Pemindahan Data (Data
movement):
Komputer sebagai alat untuk pemindahan data yaitu untuk pemindahan data
yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat
dengan cara mengcopy paste file yang telah kita buat. Contoh: dari keyboard ke
layar monitor.
Fungsi Kendali
(Control):
Komputer sebagai alat kendali data yaitu untuk mengatur data yang telah dibuat
maupun yang akan dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita
buat. Dan bisa mengendalikan apa yang kita perintahkan melalui keyboard dan
lain lain.
Sumber :
http://yogiearieffadillah.wordpress.com/2013/10/28/organisasi-dan-arsitektur-komputer/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar